Kamis, 19 April 2012

TUGAS Esay "Beretika dalam Lalu Lintas" monggo


Beretika dalam Lalu Lintas
          Baru- baru ini kecelakaan lalu lintas sering sekali terjadi. Misalnya di Bantul, dalam sehari saja bisa belasan kali bahkan lebih terjadi kecelakaan lalu lintas. Sebagian besar disebabkan oleh kecerobohan pengendara dalam mengemudikan kendaraan. Kecerobohan dalam berkendara dapat kita kaitkan dengan sopan santun berkendara atau yang sering kita sebut dengan etika berlalu lintas.
            Etika berkendara dalam lalu lintas yaitu aturan dalam mengendarai atau mengemudikan kendaraan di lalu lintas dengan sopan. Bagaimanakah etika berkendara yang baik itu? Ada suatu kasus seorang pengemudi sepeda motor dengan knalpot “blombongan” mengemudi dengan kecepatan yang mengerikan. Suaranya sangat keras membuat para pengemudi lain dan orang-orang di sekitar jalan kaget. Kecepatan sangat cepat bagai setan seakan-akan jalan miliknya sendiri. “Emange dalane mbahmu?” Apakah seperti itu mencerminkan etika berlalu lintas yang baik? Tentu saja tidak, sikap seperti itu justru mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara. Hal ini yang harus kita jauhi dan hindari. Itu hanyalah satu contoh orang yang tidak memahami etika berlalu lintas, masih banyak contoh lain yang tidak bisa disebut satu-satu.
            Dalam berlalu lintas  hendaknya kita tidak egois. Kita harus berbagi dengan pengendara lain. Kita musti sadar, dimana kita dan jalan ini milik siapa. Kemudian kita harus selalu menaati tata tertib lalu lintas. Etika berlalu lintas dengan baik dan benar seperti ini harus kita tanamkan sejak dini, supaya setelah besar nanti sudah terbentuk karakter-karakter etika berlalu lintas yang baik dan benar pula, sehingga kecelakaan-kecelakaan di lalu lintas dapat kita minimalisir. Ayo budayakan beretika dalam lalu lintas!
Nama: Realistyo Elang Wicaksono
Kelas: XII.A4
Absen: 21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar